Tentang


Cerita Kami

anak asrama

Laznas PYI Adalah Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) berdasarkan SK Kemenag RI No.120 Tahun 2019. Bertekad menjadi lembaga pengelola dana ZISWAF yang berkhidmat menangani anak yatim/piatu dan terlantar serta memberdayakan kaum dhuafa.
Berkantor pusat di kota Bandung dan cabang di Jakarta dan Bekasi. Kami saat ini mengayomi langsung lebih dari 300 anak yatim dhuafa dalam 29 asrama, 4000 anak luar asrama, dan kami masih terus berkembang.

 

Perjalanan Kami

Berawal dari kesepakatan beberapa pedagang di lingkungan Pasar Induk Caringin Bandung Jawa Barat Indonesia , pada tahun 1998 tepatnya di Gang Porib III, RT 003/002 Kelurahan Babakan Ciparay, Kecamatan Babakan Ciparay Kota  Bandung, bermodal rumah kontrakan untuk menampung 4 anak yatim untuk disekolahkan, yang  sebelumnya tidur dan mencari makan di sekitar pasar tersebut.

Seiring dengan semakin bertambahnya anak yang di tampung, maka di buatlah lembaga formal pada tanggal 18 April 1998 yang diberi nama Nurul Ummah yang berarti Cahaya Umat, disepakati menjadi sebuah  Panti Asuhan di bawah naungan organisasi masyarakat Yayasan Al-fajr. Dibina langsung Dinas Sosial Kota Bandung dan bergabung dalam Forum  Komunikasi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak  (LKSA)  Kota  Bandung.

Tim_kami

Tahun  2009 ,  PSAA Nurul Ummah berganti nama menjadi Panti Yatim  Indonesia  (PYI)  dan  mengadakan perubahan manajemen, sistem pelayanan kepada anak asuh dan kepada donatur serta pembukaan beberapa cabang asrama di wilayah kota Bandung, dengan mengusung slogan Menyayangi Sepenuh Hati, kepercayaan donatur kepada kami semakin meningkat.

logo baru pyi

Tahun 2019, Panti Yatim Indonesia bertransformasi dari panti asuhan menjadi Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Perubahan ini membuat PYI dapat berkontribusi lebih luas dalam pemberdayaan dan penyaluran zakat, infaq,  shodaqoh, dan wakaf. secara nasional.

 

Budaya

Ibadah. Segala aktivitas yang diselenggarakan dalam Laznas PYI dijiwai oleh semangat untuk beribadah kepada Allah swt. dan mengharap keridlaan-Nya.

Profesional. Aktivitas Laznas PYI dirancang dengan cermat, diselenggarakan secara detail, selesai dilaksanakan dengan tuntas dan berhasil tercapai tujuannya dengan baik.

Kualitas. Aktivitas Laznas PYI diselenggarakan untuk mencapai hasil dengan kualitas (mutu) yang sebaik-baiknya sesuai dengan standard jaminan mutu yang telah dinyatakan.

Prestasi. Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Laznas PYI diharapkan mampu berprestasi setinggi mungkin di bidangya masing-masing.

Perbaikan. Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Laznas PYI berusaha untuk melakukan perbaikan secara individual maupun tim demi suksesnya program-program organisasi.

Amanah. Seluruh komponen yang terlibat dalam aktivitas Laznas PYI berusaha menjaga segala bentuk amanah yang disampikan sehingga dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat.

 

Kontribusi Kemasyarakatan

Kami mencintai lingkungan kami. Kami sudah menggulirkan lebih dari  [] untuk pemberdayaan masyarakat sekitar kantor cabang dan sekeliling asrama.

Kami membantu mengurangi masalah kemiskinan dengan bekerjasama dengan berbagai kalangan masyarakat. Mendukung usaha kecil di lingkungan sekitar dengan peningkatan modal dan reparasi tempat usaha, Kami menggulirkan program pangan berupa sembako untuk kalangan kurang mampu. Kami juga mengadakan kegiatan sosial dalam hal Pendidikan terutama sekolah yang masih kami rintis.

Kami Berharap bahwa dengan berkembangnya kami menjadi Laznas yang unggul dapat mewujudkan cita-cita kami dalam mengurangi kemiskinan , menjadi tangan penghubung yang mampu menjangkau lebih banyak tangan lain yang membutuhkan.