4 Hikmah Yang Akan Kita Dapatkan Jika Menunaikan Sholat Dhuha

4 Hikmah Yang Akan Kita Dapatkan Jika Menunaikan Sholat Dhuha


Penulis: Public Relation PYI
21 Jan 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
21 Jan 2023
94 kali dilihat

Bagikan:

Sholat Dhuha dalah Sholat sunah yang dilakukan seorang muslim ketika waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul enam atau tujuh pagi) hingga waktu dzuhur. Adapun Jumlah rakaat sholat dhuha adalah 2 sampai 12 rakaat Cara pelaksanaannya dilakukan setiap 2 rakaat sekali salam.

Menunaikan Sholat Dhuha merupakan wujud kepatuhan kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW, sekaligus sebagai perwujudan syukur dan takwa. Didalamnya terdapat berbagai hikmah maupun keutamaan yang dapat kita ambil, berikut hikmah sholat dhuha yang akan kita dapatkan jika menjalaninya:

  1. Sholat Dhuha merupakan Salah satu bentuk Sedekah

Keutamaan shalat dhuha menurut hadis Riwayat Muslim. Dijelaskan, keutamaan shalat dhuha menurut hadis dibawah ini, meskipun hanya dua rakaat, seorang muslim dianggap telah melakukan sedekah.

Dari Abu Dzar, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

يُصْبِحُ علَى كُلِّ سُلَامَى مِن أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ، وَأَمْرٌ بالمَعروفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ المُنْكَرِ صَدَقَةٌ، وَيُجْزِئُ مِن ذلكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُما مِنَ الضُّحَى

"Setiap ruas dari anggota tubuh di antara kalian pada pagi hari, harus dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan semua itu dapat disepadankan dengan mengerjakan shalat dhuha dua rakaat." (HR Muslim).

Sedekah Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan

  1. Dicukupi Kebutuhan Hidupnya

Dijelaskan, keutamaan shalat dhuha menurut hadis ini yaitu barang siapa melaksanakan shalat dhuha empat rakaat, niscaya Allah SWT akan mencukupkan kebutuhannya.

Dari Abu Darda, ia berkata bahwa Rasulullah SAW menjelaskan hadits Qudsi, Allah SWT berfirman:

يا ابنَ آدمَ اركعْ لي من أولِ النهارِ أربعَ ركَعاتٍ أكْفِكَ آخِرَه

"Wahai anak Adam, rukuklah (sholatlah) karena Aku pada awal siang (shalat dhuha) empat rakaat, maka Aku akan mencukupi (kebutuhan)mu sampai sore hari." (HR Tirmidzi)

  1. Diampuni Dosanya Meski Sebanyak Buih di Lautan

Seberapa banyak dosa yang akan diampuni oleh Allah SWT ketika kita melakukan shalat dhuha? Dijelaskan, keutamaan shalat dhuha menurut hadis ini yaitu, diampuninya dosa seorang hamba walaupun sebanyak buih di lautan.

مَنْ حَافَظَ عَلَى شُفْعَةٍ الضُّحَى غُفِرَلَهُ ذُنُوْبَهُ وَ اِنْ كَانَتْ مِثْلُ زَبَدِ الْبَخْرِ

"Barang siapa yang menjaga shalat dhuha, maka dosa dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

  1. Dibangunkan Istana di Surga

Hadits keutamaan sholat dhuha lainnya berasal dari Anas bin Malik yang mengatakan bahwa Rasullah SAW bersabda:

مَن صلَّى الضّحى ثِنْتَيْ عشرة ركعة بَنى الله له قَصرا من ذَهب في الجنَّة

"Barang siapa sholat dhuha dua belas rakaat, maka Allah akan membangun baginya istana dari emas di surga." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Secara umum, sholat dhuha diartikan sebagai sholat pagi yang dikerjakan sebelum aktivitas sehari-hari dimulai. Adapun keutamaan lainnya dari sholat dhuha adalah pahala orang yang rutin melakukannya sama dengan pahala menunaikan haji dan umrah. Wallahu a’lam bishawab.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #7 - Dalil #9 - Zakat #20 - Motivasi #42 - Ramadhanberbagikebahagiaan #46 - Zakatfitrah #68 - Ramadhan #79 - Sedekah

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp