Lakukan 7 Tips Ramadhan Ini Agar Kamu Tetap Sehat Dan Berkah

Lakukan 7 Tips Ramadhan Ini Agar Kamu Tetap Sehat Dan Berkah


Penulis: Public Relation PYI
07 Feb 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
07 Feb 2023
74 kali dilihat

Bagikan:

Puasa dalam agama Islam merupakan salah satu ibadah wajib yang telah di contohkan oleh Rasuluallah SAW. Puasa juga sebagai bentuk ketaatan umat muslim dalam menjalankan perintah Allah, puasa yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan biasanya berjumlah 29 hingga 30 hari.

Namun, sering sekali banyak orang yang mengeluh lemas, mager, bahkan menyebabkan fisik kita tidak sehat. Apa betul puasa bikin badan kita jadi lemas hingga menyebabkan sakit? Disini kita akan membagikan beberapa tips agar puasa yang kita jalani tetap sehat dan berkah untuk kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa tips untuk tetap sehat dan merasakan keberkahan saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan:

  1. Konsumsi makanan berserat dan minum air putih secukupnya saat sahur

Sahur dengan makanan berserat seperti buah dan sayur dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi yang diperlukan untuk memulai hari dengan sehat. Serat dapat membantu memperlambat penyerapan gula dan mempertahankan kadar gula darah stabil sepanjang hari.

Sayuran dan buah juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sahur dengan makanan berserat seperti buah dan sayur dilengkapi dengan minum air putih yang cukup adalah pilihan yang baik untuk memulai hari saat puasa.

  1. Beraktivitas seperti hari biasa

Ya, selama Kamu memastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan nutrisi yang diperlukan, Kamu dapat melakukan aktivitas seperti biasa saat puasa.

Jika Anda bekerja atau melakukan aktivitas fisik yang berat, pastikan untuk memenuhi kebutuhan cairan dan makan makanan yang bergizi seperti yang dianjurkan pada saat berbuka dan sahur. Jadi, tidak ada alasan untuk bermalas-malasan ketika berpuasa.

BACA JUGA:

Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Berbuka Puasa Lengkap

Dasar Hukum Dan Cara Menunaikan Fidyah

Sedekah Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan, Panen Keberkahan Ramadhan

  1. Jangan tinggalkan Ibadah wajib, perbanyak ibadah Sunnah di sela kesibukan

Tidak boleh meninggalkan ibadah wajib seperti shalat, dll ketika menjalankan ibadah puasa, nanti puasa kita sia-sia.

Oleh karena itu, meskipun sibuk, usahakan untuk tetap memprioritaskan ibadah wajib dan menambah ibadah sunnah sepanjang Ramadhan. Ini dapat membantu memperkuat keyakinan dan meningkatkan keimanan, serta membantu memperoleh berkah dan pahala yang lebih besar.

  1. Awali berbuka dengan minum air hangat dan makanan manis

Air hangat dapat membantu mengatasi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Sementara makan makanan manis seperti kurma atau jus buah dapat membantu meningkatkan kadar gula darah dan memberikan energi setelah berpuasa.

  1. Kurangi memilih makanan manis, asin dan berlemak

Yahh memang dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis. Namun, pastikan untuk membatasi asupan gula dan makanan yang berlemak dan tidak sehat untuk mempertahankan kesehatan dan keseimbangan nutrisi.

  1. Istirahat yang cukup

Beberapa orang mungkin merasa lebih lelah atau letih saat puasa, oleh karena itu penting untuk memastikan untuk beristirahat dan tidur cukup sepanjang malam.

Sedekah Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan, Panen Keberkahan Ramadhan

  1. Bagi perokok, jadikan puasa sebagai latihan berhenti untuk merokok

Berpuasa selama kurang lebih 12 jam bisa berhenti mengkonsumsi rokok. Tidak ada salahnya untuk berlatih berhenti selamanya bukan?

Dengan menjalankan tips-tips ini, kamu dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan sehat dan merasakan keberkahannya, InsyaAllah.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #33 - Fidyah #46 - Zakatfitrah #67 - Puasa #68 - Ramadhan #119 - Ramadhan1444H

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp