Laznas PYI Yatim & Zakat Raih Predikat Baik dalam Audit Syariah Perdana

Laznas PYI Yatim & Zakat Raih Predikat Baik dalam Audit Syariah Perdana


Penulis: Public Relation PYI
13 Apr 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
13 Apr 2023
90 kali dilihat

Bagikan:

ILOVEZAKAT.ID, BANDUNG-- Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PYI Yatim dan Zakat meraih hasil memuaskan dengan predikat baik pada Audit Syariah yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI. Kegiatan dilakukan di Kantor Manajemen LAZ PYI, Jl.Holis No 6, Cibuntu, Kota Bandung, Rabu (5/4).

Dalam kegiatan ini, Tim Auditor Syariah yang terdiri dari Ketua Tim Auditor Ahmad Nida dan anggota tim Hasyim Prasetyo. Kehadiran Tim Auditor disambut oleh Ketua Yayasan Muhammad Alwi Permana, Direktur LAZ T. Irawan, dan Sekretaris Yayasan Rusmawan, serta Ketua Dewan Syariah Ust. Idan Abdulrahman, SPd, MM.

Menurut Ahmad Nida, Ketua Tim Auditor Syariah Inspektorat Jenderal Kementerian Agama, Audit syariah merupakan bentuk kepatuhan terhadap fatwa dan undang-undang yang berlaku. Tujuannya adalah untuk menilai kepatuhan lembaga terhadap undang-undang dan prinsip syariah yang menjadi garis utama untuk penyelenggaraan organisasi pengelola zakat dan yayasan.

Audit Syariah ini berlangsung selama delapan hari, dari tanggal 5 April hingga 12 April 2023. Dengan ruang lingkup yang diuji mencakup manajemen dan tata kelola, penghimpunan, dan penyaluran zakat. Yang mengacu pada Undang-Undang Zakat Nomor 23 Tahun 2011, Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat, serta Keputusan Menteri Agama (KMA) 606 Tahun 2020.

Dalam sambutannya Muhammad Alwi Permana selaku Ketua Yayasan berharap, “Dengan dilakukan audit syariah ini semoga meningkatkan kepercayaan masyarakat terutama Muzaki kepada Laznas PYI. Serta meningkatkan kinerja Amil sebagai lembaga pengelola zakat. Sehingga tercipta tata kelola Laznas PYI yang baik (Good Amil Governance).”

Di sisi lain, T.Irawan selaku Direktur Laznas PYI Yatim dan Zakat dalam wawancaranya menyampaikan bahwa kegiatan audit Syariah ini merupakan yang pertama kali, dan sangat bersyukur karena hasil yang diberikan oleh Tim Auditor Syariah Kementerian Agama kepada Laznas PYI Yatim dan Zakat adalah predikat Baik. Dia juga berharap dengan Predikat yang didapatkan ini akan menjadi acuan untuk memperbaiki kelembagaan dalam proses mencapai kinerja yang lebih baik lagi.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #4 - Program #5 - Sosial #9 - Zakat #46 - Zakatfitrah #117 - PYI #124 - AuditSyariah

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp