Tunaikan Zakat Agar Selamat Dunia Dan Akhirat

Tunaikan Zakat Agar Selamat Dunia Dan Akhirat


Penulis: Public Relation PYI
01 Dec 2022
Bagikan:
By: Public Relation PYI
01 Dec 2022
101 kali dilihat

Bagikan:

Zakat merupakan suatu kewajiban dan bagian dari rukun Islam, selain itu amalan ini adalah salah satu unsur penyempurna agama. Hal ini tidak bisa diragukan lagi karena telah terdapat berbagai dalil dari Al Quran, As Sunnah, dan ijma (keseakatan Ulama).

Dalil yang menyatakan wajib dilaksanakannya terdapat dalam Quran Surat Al Baqarah: 43, “Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.”

Dengan menunaikannya maka kita akan mendapatkan manfaat yang sangat luas, salah satunya adalah menyelamatkan kita saat di dunia dan di akhirat kelak. Selain itu dengan kita menunaikan amalan ini maka kita akan mendapatkan berbagai kebaikan, kemulian, serta manfaat yang sangat mulia.

Dibawah ini berbagai manfaat maupun tujuan zakat agar hidup kita selamat:

  1. Membuktikan Penghambaan Diri Kepada Allâh Azza wa Jalla Dengan Menjalankan Perintah-Nya.

Seorang mukmin menghambakan diri kepada Allâh SWT dengan menjalankan perintah-Nya melalui pelaksanaan kewajiban zakat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan syari’at.

Zakat bukan pajak. Zakat adalah ketaatan dan ibadah kepada Allâh yang dilakukan oleh seorang Mukmin demi meraih pahala, keselamatan, serta keridhaan di sisi Allâh Azza wa Jalla . Allâh SWT berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ وَلَا خَوْفٌ عَلَيْهِمْ وَلَا هُمْ يَحْزَنُونَ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal shalih, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. [al-Baqarah/2:277].

  1. Mensyukuri Nikmat Allâh

Dengan Menunaikan Zakat, Harta Yang Telah Allâh Limpahkan Sebagai Karunia Kepada kita akan dilipat gandakan, sehingga menjamin keselamatan di dunia.

Allâh Azza wa Jalla berfirman :

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” [Ibrâhim/14:7].

BACA JUGA: Laznas PYI Terima dan Salurkan Zakat Akhir Tahun

  1. Menyelamatkan dan Menentramkan Jiwa, serta Menyucikan Dari Dosa-Dosa.
    Allâh Azza wa Jalla berfirman :

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ ۖ إِنَّ صَلَاتَكَ سَكَنٌ لَهُمْ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan doakanlah mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allâh Maha mendengar lagi Maha mengetahui. [at-Taubah/9:103].

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya kewajiban membayar zakat dalam ayat di atas berkaitan dengan hikmah pembersihan dari dosa-dosa.”[6]

Ada juga hadits yang menegaskan makna di atas, sebagaimana dalam hadits Muadz bin Jabal Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda :

الصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الخَطِيْئَةَ كَمَا يُطْفِئ ُالمَاءُ النَّارَ

Sedekah itu bisa memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api.”[HR. Ahmad 5/231 dan at-tirmidzi no. 2616 dan dishahihkan al-Albani dalam Shahih Sunan at-Tirmidzi]

  1. Menyelamatkan Diri Dari Sifat Bakhil atau Pelit

Al-Kâsâni rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya zakat membersihkan jiwa orang yang menunaikannya dari kotoran dosa dan menghiasi akhlaknya dengan sifat dermawan dan pemurah. Juga membuang kekikiran dan kebakhilan, karena tabiat jiwa sangat menyukai harta benda.

Rukun Iman dapat membiasakan orang menjadi pemurah, melatih menunaikan amanat dan menyampaikan hak-hak kepada pemiliknya. Semua itu terkandung dalam firman Allâh Azza wa Jalla :

خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْ

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka”.

Kikir adalah penyakit yang dibenci dan tercela. Sifat ini menjadikan manusia berupaya untuk selalu mewujudkan ambisinya, egois, cinta hidup di dunia dan suka menumpuk harta. Sifat ini akan menumbuhkan sikap monopoli terhadap semua.

Manfaat lain Zakat Bagi Keselamatan Umat

Selain dari pada yang dipaparkan di atas, zakat juga dapat menyelamatkan ekonomi orang-orang miskin maupun 8 Ashnaf (orang yang berhak menerimanya) dan dapat membantu mereka dalam menghadapi kesulitan.

Untuk itu, Yuk sisihkan sebagian harta kita yang harus dikeluarkan untuk berzakat, karena #ZakatSumberSelamat loh sahabat dermawan. dengan cara klik "DISINI"

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #5 - Sosial #9 - Zakat #69 - BerkahnyaZakatMembahagiakan #74 - ZakatAkhirTahun

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp