7 Persiapan Diri Dalam Menyambut Ramadhan

7 Persiapan Diri Dalam Menyambut Ramadhan


Penulis: Public Relation PYI
04 Feb 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
04 Feb 2023
92 kali dilihat

Bagikan:

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penting bagi umat Muslim sebagai bagian dari lima pilar agama Islam. Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Islam dan dikenal sebagai bulan puasa, di mana umat Muslim berpuasa dari subuh hingga terbenamnya matahari.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan spiritualitas dan mengalahkan hawa nafsu. Lantas apa yang harus dipersiapkan sebelum menjalani bulan suci ini, dilihat Ramadhan tinggal beberapa bulan lagi?

Ya, jika Ramadhan tinggal beberapa bulan lagi, ini merupakan kesempatan yang baik untuk mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci tersebut. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri, seperti memperbanyak ibadah, mengendalikan hawa nafsu, berbuka puasa bersama keluarga, dan berbagi dengan orang lain.

Dibawah ini beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri dalam menjalani Ramadhan dengan baik:

  1. Kurangi Ngemil

Mengurangi cemilan sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.

  1. Kurangi berprilaku buruk

Puasa juga menjadi tempat seseorang melakukan hal-hal baik, mulai dari menjaga sikap, perkataan dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadhan usai.

  1. Persiapkan Harta

Bulan Suci ini adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain beribadah shalat dan puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq, dan sedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah SWT.

  1. Menjalani hari puasa di hari biasa atau lakukan puasa sunnah

Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar tidak kaget, cobalah melakukan puasa sehari atau dua hari selama se pekan, misal puasa Sunnah senin dan kamis. Jika hal tersebut rutin kamu lakukan, pasti menjalani Ramadhan akan lebih mudah.

  1. Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan

Jika Masih memiliki utang puasa, karena ditahun sebelumnya tidak dapat menunaikan puasa karena halangan, seperti karena mengandung, menyusui, sakit, dan halangan lainnya. Sebaiknya selesaikan sebelum Ramadhan tiba. Boleh diganti dengan puasa dihari biasa atau pun membayar fidyah sesuai hari yang ditinggalkan puasa.

BACA JUGA: 

Dasar Hukum Dan Cara Menunaikan Fidyah

Bagaimana Cara Menghitung Fidyah Yang Benar?

Membayar Fidiyah sebelum Ramadhan dan Menunaikan Zakat Fitrah

  1. Persiapan Khatam Alquran

Banyak orang yang menjadikan Bulan Suci ini sebagai waktu mengkhatamkan Alquran. Mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca tiap hari agar selesai tepat ketika Ramadhan usai.

  1. Olahraga

Mulailah olahraga untuk meningkatkan kekutan daya tahan tubuh ketika berpuasa. Ketika berpuasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup.

Demikian amalan atau aktivitas yang dapat kita lakukan untuk menyambut dan membiasakan diri dalam menjalani Ramdhan tahun ini. Semoga kita semua dapat memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya dan meraih banyak pahala.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #20 - Motivasi #33 - Fidyah #42 - Ramadhanberbagikebahagiaan #46 - Zakatfitrah #67 - Puasa #68 - Ramadhan

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp