Bacaan Doa Sedekah Subuh Agar Mendapatkan Ridha Allah

Bacaan Doa Sedekah Subuh Agar Mendapatkan Ridha Allah


Penulis: Public Relation PYI
13 Oct 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
13 Oct 2023
99 kali dilihat

Bagikan:

Sedekah adalah salah satu tindakan mulia yang dianjurkan dalam agama Islam. Memberikan sedekah adalah cara untuk membantu mereka yang membutuhkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sedekah ada banyak jenisnya, salah satunya adalah sedekah subuh.

Seperti namanya, sedekah subuh adalah kegiatan berbagi, mengeluarkan harta untuk kebaikan kepada mereka yang membutuhkan. Mengeluarkan harta di jalan Allah SWT yang waktunya dilakukan setelah melaksanakan salat Subuh. Hal tersebut dituliskan oleh Ahmad Mudzakir dalam bukunya yang berjudul Sapu Jagat Keberuntungan.

Melaksanakan sedekah di waktu subuh sangat diutamakan. Sebab, menurut sebuah hadits, pada waktu tersebut Allah SWT menurunkan dua malaikat yang akan mendoakan siapa pun yang mau mengeluarkan hartanya untuk disedekahkan kepada orang lain.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

"Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, 'Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah'. Malaikat yang satu berkata, 'Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.'" (H.R Bukhari dan Muslim).

Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa batas waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan sedekah Subuh adalah satu jam setelah melakukan salat Subuh. Di waktu inilah para malaikat masih tinggal di bumi untuk mendoakan orang yang bersedekah.

BACA JUGA:

Sedekah Subuh sebagai Pembuka Pintu Rezeki dan Keberkahan

sedekah subuh

Doa Sedekah Subuh

Setelah sedekah subuh dilakukan dengan cara apapun itu, seperti memasukan sedekah di kotak masjid ataupun menyediakan kencleng sedekah di rumah untuk diberikan kepada yang membutuhkan, dianjurkan membaca doa dibawah ini:

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Latin: Rabbana taqabbal minna innaka antas sami'ul alim.

Artinya: "Ya Tuhan kami, terimalah amalan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Menyedekahkan harta dengan niat yang ikhlas karena mengharap ridha Allah SWT dan tidak menginginkan balasan dari orang yang diberinya, maka Allah SWT akan menerimanya dan setiap kebaikan itu mendapat balasan sepuluh kali lipat sampai 700 kali lipat bahkan lebih. Kata Ibnu Katsir dalam Tafsir dalam Q.S Al Hadid ayat 18:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ ١٨

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan (kepada) Allah pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) kepada mereka dan baginya (diberikan) ganjaran yang sangat mulia (surga).

Kini, bersedekah melalui PYI Yatim dan Zakat bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja karena bisa dilakukan secara online melalui smartphone yang kita genggam. Sahabat bisa mengikuti tautan ini untuk memilih jenis sedekah yang diinginkan. Selamat mencoba ya!

Sc: Pantiyatim.or.id

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #20 - Motivasi #79 - Sedekah #117 - PYI #142 - SedekahOnline #156 - SedekahSubuh #161 - KenclengSedekah #162 - KeluargaSedekah

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp