Contoh Kegiatan Sedekah Awal Tahun yang Beri Manfaat untuk Sesama

Contoh Kegiatan Sedekah Awal Tahun yang Beri Manfaat untuk Sesama


Penulis: Public Relation PYI
17 Oct 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
17 Oct 2024
8 kali dilihat

Bagikan:

Sedekah sebenarnya bisa dilakukan tanpa mengetahui kapan dan dimana tempatnya. Namun akan jauh lebih baik jika kegiatan sedekah dilakukan pada awal tahun. Dengan membuka awal tahun dengan kegiatan positif maka harapannya sepanjang tahun akan tetap sama.

Jika secara dipandang kasat mata, melakukan sedekah seperti mengurangi harta yang kita miliki. Padahal, harta tersebut akan kembali kepada kita sendiri dalam bentuk kebaikan. Berikut beberapa contoh kegiatan sedekah awal tahun yang bisa dilakukan:

1. Beri Sedekah ke Panti Jompo

Tidak hanya memberikan sedekah tapi saat ke panti jompo cobalah ikut kegiatan disana. Kebanyakan orang tua yang berada di panti jompo merasa kesepian karena tidak bersama keluarga disana. Menghibur para orang tua juga merupakan perbuatan mulia.

Sedekah yang diberikan ke panti jompo beragam bisa mulai dari makanan pokok sampai uang tunai. Biasanya di panti jompo ada acara khusus mingguan dan bulanan untuk mengatasi rasa kesepian mereka.

2. Menyumbang untuk Desa

Jika masih bingung ingin menyedekahkan kemana maka bisa langsung melalui perangkat desa. Setiap desa pasti punya uang khas yang ditujukan juga untuk masyarakatnya. Utarakan niat kamu kepada perangkat desa saat memberikan uang sedekah.

Misalnya saja kamu ingin berkontribusi untuk anak yatim, orang tua dan lainnya. Maka perangkat desa akan mengelola uang tersebut bahkan mungkin memberikan tambahan supaya bisa disalurkan dengan baik.

3. Bagi Makanan di Hari Jumat

Satu kegiatan sedekah yang sekarang banyak dilakukan adalah berbagi makanan pada hari Jumat. Bagikan makanan tersebut pada orang-orang di jalanan. Disarankan untuk tidak memberikan kepada pengemis karena Islam sangat membenci permintaan-minta.

Ajak anak untuk melakukan kegiatan positif seperti membagikan makanan atau sedekah lainnya. Anak akan mengikuti kebiasaan baik orang tuanya saat dewasa nanti. Tidak perlu dalam jumlah besar karena sedekah bisa dikeluarkan berapa saja.

Niatkan sedekah untuk membersihkan harta dan harapannya sedekah disalurkan tepat sasaran. Jika ingin disampaikan sedekah melalui lembaga, Anda bisa memilih Laznas PYI atau Panti Yatim Indonesia yang bisa ditransfer secara online.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #74 - ZakatAkhirTahun #79 - Sedekah #142 - SedekahOnline #156 - SedekahSubuh #162 - KeluargaSedekah #164 - SedekahJumat #188 - Ilovezakat.id

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp