Forum Zakat Jawa Barat Gelar Musyawarah Wilayah Ke-V Demi Menyatukan Langkah Menuju Kesejahteraan Bersama

Forum Zakat Jawa Barat Gelar Musyawarah Wilayah Ke-V Demi Menyatukan Langkah Menuju Kesejahteraan Bersama


Penulis: Public Relation PYI
21 Feb 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
21 Feb 2024
103 kali dilihat

Bagikan:

ILOVEZAKAT.ID, BANDUNG-- Hari Selasa (20/02) menjadi momentum bersejarah bagi Forum Zakat Jawa Barat dalam kegiatan Musyawarah Wilayah yang ke-V, yang bertempat di Hotel Grand Pasundan Kota Bandung. Dengan tema "Konsolidasi Gerakan Zakat untuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Barat,". Acara ini berhasil menyatukan hampir 38 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) termasuk Laznas PYI didalamnya, dengan upaya bersama mencapai kesejahteraan masyarakat.

Musyawarah wilayah yang diadakan setiap tiga tahun sekali bukan hanya menjadi wadah diskusi mengenai pelaksanaan zakat. Tetapi juga menjadi ajang untuk menyatukan langkah dan merumuskan strategi bersama. Ketua FOZ Jabar, Jajang Nurjaman, menyampaikan dalam sambutannya bahwa tema kali ini, "Konsolidasi Gerakan Zakat di Jawa Barat," muncul karena provinsi ini memiliki potensi besar dalam zakat, infak, dan sedekah. Serta pertumbuhan anggota forum yang cukup signifikan.

Serah Terima Jabatan Ketua FOZ Jawa Barat oleh Angga Nugraha sebagai Perwakilan Foz Pusat (memakai batik) kepada Jajang Nurjaman (Ketua Foz Jabar Baru)

"Perbedaan di antara anggota Forum Zakat Jawa Barat, mulai dari yang sudah berizin Kemenag, masih dalam proses. Hingga yang belum memiliki izin, kita akomodir sebagai wadah rumah gerakan zakat untuk didorong mendapatkan legalitas," papar Jajang Nurjaman.

Ir. Rachmat Ari Kusumanto, perwakilan BAZNAS Jawa Barat, menyampaikan potensi zakat di Jawa Barat mencapai Rp. 30,6 triliun, sementara realisasi dana zakat, infak, sedekah, dan DSKL sebesar Rp. 6 triliun. Dalam konteks ini, Musyawarah FOZ Jabar tahun ini menekankan pada optimalisasi penghimpunan potensi zakat untuk mensejahterakan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan ini perwakilan FOZ Nasional, Bapak Irvan Nugraha, dan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Bapak H. Jajang Apipudin. Meski Gubernur Jawa Barat tidak bisa hadir, ia diwakili oleh Bapak H. Dodo Suhendar, MM, sebagai PLH Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, semua pihak sepakat untuk meningkatkan kontribusi positif gerakan zakat demi kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Dalam suksesnya Muswil ke-V FOZ Jabar, Ketua Panitia Pelaksana Hadi Supriyadi menyatakan adanya perbedaan agenda dengan Muswil sebelumnya. Selain evaluasi kinerja dan pemilihan kepengurusan baru, kegiatan pra Muswil pada 6 Februari lalu juga menjadi bagian penting dalam memperkuat kolaborasi dan kompetensi lembaga-lembaga zakat.

Alhamdulillah, hasil Muswil FOZ Jabar ke-V telah melahirkan pengurus baru periode 2024-2027. Dengan Bapak Jajang Nurjaman sebagai Ketua dari DT Peduli, Sekretaris Bapak Hadi Supriyadi dari Sinergi Foundation, dan Bendahara Bapak Dian Mardina dari IZI Jawa Barat. Semoga pengurus baru dapat memberikan kontribusi lebih besar untuk kesejahteraan masyarakat Jawa Barat.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #4 - Program #9 - Zakat #172 - LaznasPyi ForumZakat ForumZakatJawaBarat Foz

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp