Hari Satu Juta Pohon, Menanam Pohon dalam Pandangan Agama Islam

Hari Satu Juta Pohon, Menanam Pohon dalam Pandangan Agama Islam


Penulis: Public Relation PYI
10 Jan 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
10 Jan 2023
99 kali dilihat

Bagikan:

Hari Satu juta Pohon Sedunia pertama kali ditetapkan pada 10 April 1872. Gerakan ini diperingati sebagai upaya penyelamatan hutan dan kelestarian lingkungan. Di Indonesia, Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia pertama kali direalisasikan oleh Presiden Soeharto di Jakarta pada tanggal 10 Januari 1993.

Perlu diketahui, jika Agama Islam sebenarnya telah mengajarkan masyarakat muslim untuk menanam pohon sudah jauh-jauh hari. Bahkan Islam juga mengajarkan dengan menanam pohon tanpa sadar akan dapat menghasilkan pahala yang cukup besar bagi yang melakukannya.

Islam termasuk agama yang cukup perhatian terhadap kegiatan menanam pohon. Bahkan banyak hadis yang menyatakan betapa perhatiannya islam terhadap hal ini.

Menanam Pohon Bernilai Sedekah 

وفي رواية له لاَ يَغْرِسُ مُسْلِمٌ غَرْسًا وَلَا يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ وَلَادَابَّةٌ وَلَا شَيْءٌ إِلاَّ كَانَ لَهُ صَدَقَةٌ( رواه مسلم

“Dari sahabat Jabir ra, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon atau tumbuhan lalu dimakan oleh seseorang, hewan ternak, atau apapun itu, melainkan ia akan bernilai sedekah bagi penanamnya,” (HR Muslim).

Jadi pada akhirnya tanaman yang ditanam tersebut akan menghasilkan pahala bagi orang yang menanamnya. Bahkan agama Islam memotivasi  umat muslim untuk menanam tanaman.

Tidak hanya menanam tanaman sebagai penghijauan. Tidak hanya dengan tujuan tanaman tersebut untuk mengumpulkan air.

Tetapi menanam pohon juga akan menjadi perkara akhirat yang bisa mendatangkan pahala bagi penanamnya.

Hal tersebut menjelaskan betapa luar biasanya perhatian Islam terhadap menanam pohon.

Anjuran Nabi Untuk menanam Pohon Sebelum Hari Kiamat

Bahkan hal tersebut juga dijelaskan pada hadis ini.

إن قَامَتِ السَّاعَةُ وَفِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لَا تَقُومَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا

Artinya: “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” (HR. Bukhari&Ahmad)

Dari hadis ini diketahui betapa perhatiannya Islam terhadap kegiatan menanam pohon. Bahkan sebelum datang hari kiamat, selama  umat muslim ada kesempatan untuk menanam, maka dianjurkan untuk menanam.

Jika tahu akan manfaat yang akan diberikan setiap tanaman, maka jangan berhenti untuk menanamnya. Sekalipun mengetahui akan kiamat esok hari, tetap disunnahkan menanam. Sebab meski tidak untuk dirinya, tanaman tersebut akan bermanfaat bagi orang lain atau generasi setelahnya.Wallahu’alam.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #5 - Sosial #20 - Motivasi #108 - HariGerakanSatuJutaPohonSedunia

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp