Hukum Meniatkan Sedekah Tahun Baru untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Hukum Meniatkan Sedekah Tahun Baru untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal


Penulis: Public Relation PYI
17 Oct 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
17 Oct 2024
18 kali dilihat

Bagikan:

Salah satu pembahasan yang sering dilakukan yakni terkait dengan hukum meniatkan sedekah untuk orang tua. Terlebih menjelang tahun baru ini banyak orang yang mulai meniatkan sedekah karena mendapat pencairan bonus.

Hukum meniatkan sedekah akan terus berupaya untuk berbakti kepada orang tua meski orang tua sudah meninggal dunia. Ada baiknya mencari tahu dasar hukumnya jika ingin bersedekah terutama pada tahun baru untuk orang tua. Berikut penjelasan lengkap tentang hukum tentang sedekah untuk orang tua yang sudah meninggal:

1. Bisa Masuk Kategori Amal Jariyah

Ada hadist yang sudah populer tentang amalan yang tidak terputus meski orang tua sudah meninggal. Amalan tersebut berupa sedekah jariyah, ilmu dan anak soleh. Apabila anak soleh yang meniatkan sedekah untuk orang tua dari hasil orang tuanya saat masih hidup maka bisa jadi sedekah jariyah.

Keadaan anak di masa depan merupakan hasil perjuangan orang tuanya saat masih hidup. Dapat dipastikan, jika anak sedekah untuk orang tua maka orang tua semasa hidupnya sudah memberikan pendidikan terbaik.

2. Sedekah Terbaik untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Untuk menyalurkan sedekah pada orang tua yang telah tiada bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari memberikan infak, wakaf tunai dan lainnya. Nominal sedekah juga tidak ada patokannya mulai dari yang jumlahnya kecil sampai besar.

Namun perlu dicatat juga ketika melakukan sedekah sebaiknya hilangkan rasa riya atau kesombongan dalam diri. Kadang ada banyak yang sengaja mengeluarkan harta karena ingin dilihat oleh orang lain atau karena ingin orang tuanya tetap tenar.

3. Wakaf Sumur

Contoh sedekah untuk orang tua yang sudah meninggal adalah harta peninggalan orang tua dibangunkan sumur. Manusia selalu membutuhkan air untuk banyak kegiatan sehari-hari dan adanya sumur akan sangat membantu menunjang kehidupan.

Bagi Anda yang ingin sedekah baik atas nama orang tua yang sudah meninggal atau nama pribadi bisa ke Laznas PYI. Panti Yatim Indonesia menjadi salah satu penyalur sedekah, zakat, infaq terpercaya di Indonesia.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #79 - Sedekah #142 - SedekahOnline #156 - SedekahSubuh #164 - SedekahJumat #188 - Ilovezakat.id

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp