Memahami Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Wakaf

Memahami Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Wakaf


Penulis: Public Relation PYI
30 Aug 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
30 Aug 2023
90 kali dilihat

Bagikan:

Wakaf merupakan sebuah konsep yang telah mengalir dalam sejarah peradaban manusia, memiliki makna yang mendalam dan mewakili nilai-nilai kemanusiaan yang luhur. Wakaf, dalam konteks umum, merujuk pada tindakan menyisihkan sebagian harta atau aset untuk digunakan demi kemaslahatan umum dan kepentingan bersama.

Wakaf juga jadi salah satu sumber Keuangan Sosial Islam selain zakat, infaq dan sedekah (ZIS) yang punya banyak manfaat. Manfaat wakaf bisa diihat dari nilai-nilai yang terkandung dalam salah satu instrumen ekonomi syariah tersebut.

Berikut ini nilai-nilai yang terkandung dalam perwakafan dari berbagai dimensi:

1.     Dimensi Keyakinan

Wakaf diyakini bisa memberikan dampak positif dunia dan akhirat, Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh." (HR Muslim).

Wakaf Quran

2.     Dimensi Ekonomi

Wakaf itu secara ekonomi sebagai mesin kesejahteraan berbasis komunitas sekaligus bisa memperkecil ketimpangan dan bisa menumbuhkan kemandirian.

3.     Dimensi Sosial-Budaya

Wakaf mampu memperkuat ikatan social dan membangun budaya memberi.

Dalil-Dalil dalam Islam

Dalam konteks Islam, wakaf memiliki dasar kuat dalam ajaran agama. Surah Al-Baqarah ayat 261 dalam Al-Quran menyatakan:

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ٢٦١

“Perumpamaan orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah seperti (orang-orang yang menabur) sebutir biji (benih) yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahaluas lagi Maha Mengetahui”.

Dalam ayat tersebut, Allah membocorkan mengenai keutamaan yang akan didapat oleh seorang muslim apabila melakukan infaq fii sabilillah. Wakaf memang termasuk dalam infaq fi sabilillah yakni menyedekahkan harta benda di jalan Allah.

Amalan sedekah tersebut memiliki nilai yang sangat berharga, bahkan pahalanya akan menjadi berlipat ganda karena Allah menghendaki hal tersebut terjadi.

Wakaf Quran

Kesimpulan

Dalam dunia modern yang gejolak, konsep wakaf tetap relevan dan penting. Melaluinya, kita dapat memastikan akses yang lebih adil terhadap pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial bagi mereka yang kurang beruntung. Hal ini juga mendorong kesadaran akan tanggung jawab sosial kita terhadap sesama.

Dalam mengenal konsep dan nilai-nilai wakaf, kita dapat lebih mendalam memahami esensi dari berbagi yang tulus dan membangun ikatan kuat dalam masyarakat. Dengan melibatkan diri didalamnya, kita ikut membangun dunia yang lebih baik bagi semua.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #9 - Zakat #19 - wakaf #20 - Motivasi #79 - Sedekah #89 - AlquranWakaf #117 - PYI

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp