Perbuatan Baik Adalah Sedekah? inilah penjelasannya..!

Perbuatan Baik Adalah Sedekah? inilah penjelasannya..!


Penulis: Public Relation PYI
30 Nov 2020
Bagikan:
By: Public Relation PYI
30 Nov 2020
39 kali dilihat

Bagikan:

PERBUATAN BAIK-- Pengertian sedekah itu tidak hanya berarti mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki saja, tetapi yang lebih luas lagi adalah setiap perbuatan baik yang kita berikan kepada manusia. perbuatan baik ini sifatnya umum seperti segala aktifitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari apapun bentuknya selama itu tidak melanggar syariat Allah swt.

Dari Abu Musa Al-Asy’ari ia mengatakan bahwa Nabi Saw bersabda :

“setiap muslim harus bersedekah.” Mereka bertanya :”kalau ia tidak punya?’ Beliau bersabda : “ hendaklah ia bekerja dengan kedua tangannya, lalu ia biayai dirinya dan bersedekah .” mereka bertanya : kalau ia tidak sanggup, atau tidak dilakukannya?’ Rasulullah menjawab : “Hendaklah ia menolong orang yang sangat memerlukan bantuan.” Mereka bertanya lagi : Kalau Ia tidak melakukan ?’ Beliau menjawab: “Hendaklah ia menyuruh berbuat baik, atau berkata dengan pantas.” Seseorang bertanya : kalau ia tidak melakukannya?’ (terakhir) Nabi saw menjawab : hendaklah ia menahan diri dari kejahatan, sesungguhnya hal  itu sedekah”.

Beberapa sabda Rasulullah Saw. Mengenai sedekah :

“Setiap yang baik adalah sedekah. Apa yang diberikan seseorang untuk keluarganya, dituliskan untuknya sebagai sedekah. Menjumpai seseorang dengan wajah berseri adalah sedekah. Berbuat adil antara dua orang adalah sedekah. Menolong seseorang menaikan barang ke atas kendaraan adalah sedekah. Ucapan yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang dilangkahkan untuk pergi shalat adalah sedekah. Menyingkirkan duri dijalan adalah sedekah.”

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #7 - Dalil

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp