10 Amalan Ini Dapat Menyebabkan Terhapusnya Dosa

10 Amalan Ini Dapat Menyebabkan Terhapusnya Dosa


Penulis: Public Relation PYI
27 Jan 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
27 Jan 2023
88 kali dilihat

Bagikan:

Manusia tak bisa luput dari dosa. Setiap hari ada saja hal buruk yang dilakukan oleh manusia, terlebih dosa-dosa kecil, baik yang disengaja maupun tak disengaja.

Jika dihitung-hitung maka tak sedikit amalan buruk yang telah kita dilakukan. Bahkan mungkin kita akan sulit untuk menghitungnya karena terlalu banyak dosa yang telah dibuat.

Namun Allah SWT Maha Penyayang dan Maha Pengampun, sehingga dosa-dosa kita akan diampuni jika kita benar-benar memohon ampunan dan bertaubat.

Dibawah ini 10 sebab terhapusnya dosa seorang hamba:

  1. Taubat

Allah Subhanahu wa taalla berfirman:

۞ قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ ٥٣

‘Katakanlah (Nabi Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas (dengan menzalimi) dirinya sendiri, janganlah berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya.663) Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Qs. Az Zumar : 53)

  1. Istighfar (Memohon Ampunan Kepada Allah SWT)

Rasululllah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Seandainya kamu sekalian tidak berbuat dosa sama sekali, Niscaya Allah akan memusnahkan kalian. Setelah itu Allah akan mengganti kalian dengan umat yang pernah berdosa. Kemudian mereka akan memohon ampunan kepada Allah (Istighfar) dan Allah pun pasti akan mengampuni mereka.” (HR. Muslim)

  1. Melakukan Amal Kebaikan Sebagai Pelebur Dosa.

Allah SWT berfirman:

وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ الَّيْلِ ۗاِنَّ الْحَسَنٰتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّاٰتِۗ ذٰلِكَ ذِكْرٰى لِلذّٰكِرِيْنَ ١١٤

“Dirikanlah salat pada kedua ujung hari (pagi dan petang) dan pada bagian-bagian malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan baik menghapus kesalahan-kesalahan. Itu adalah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah).” (QS. Hud :114).

  1. Saling Mendoakan Sesama Orang Beriman (seperti doa ketika melakukan shalat jenazah)

Dari ‘Aisyah dan Anas bin Malik r.a dari nabi SAW bahwasanya beliau bersabda: “Tidaklah seorang mayit dishalati oleh sekelompok kaum muslimin yang jumlahnya hingga 100 orang , melainkan merekasemua akan memberikan syafa’at pada mayit tersebut”  (HR. Muslim dan An Nasa’i).

  1. Amalan Kebaikan Yang Ditujukan Untuk Mayit

Contohnya adalah sedekah. Amalan sedekah ini bermanfaat bagi mayit berdasarkan dalil shahih. Rasululllah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan yang masih memiliki hutang puasa, maka ahli warisnya yang nanti puasa untuknya.” (HR Bukhari dan Muslim).

Wakaf Quran Untuk orang yang sudah meninggal

  1. Syafaat Nabi SAW Dan Yang Lainnya Pada Pelaku (Dosa Besar) Di Hari Kiamat

Rasululllah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Syafa’at ku diperuntukan untuk pelaku dosa besar dari kalangan umatku.” (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad).

  1. Musibah di dunia yang menjadi sebab terhapusnya dosa

Rasululllah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Tidaklah menimpa seorang mukmin berupa rasa sakit (yang terus menerus), rasa capek, kekhawatiran (pada pikiran), sedih (Karena sesuatu yang hilang), kesusahan hati atau sesuatu yang menyakiti sampai pun dur yang menusuknya melainkan akan dihapuskan dosa-dosanya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Ujian dialam kubur, Termasuk Siksaan di Alam Kubur Yang Menjadi Sebab Terhapusnya Dosa-dosa Seorang Hamba
  2. Kengerian dan Kesulitan Pada Hari Kiamat
  3. Rahmat dan Ampunan Dari Allah Tanpa Sebab Yang Dilakukan Oleh Hamba.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #5 - Sosial #9 - Zakat #25 - Asrama Yatim #38 - anakyatim #87 - AnakSholeh #110 - MenyantuniAnakYatim

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp