Apa Itu Parenting? Inilah Penjelasan Para Ahli

Apa Itu Parenting? Inilah Penjelasan Para Ahli


Penulis: Public Relation PYI
09 Nov 2022
Bagikan:
By: Public Relation PYI
09 Nov 2022
99 kali dilihat

Bagikan:

Seperti yang kita ketahui, banyak anak yang mengeluh telah dilahirkan ke dunia karena sering sekali berselisih paham dengan orang tuanya. Banyak juga anak yang merasa tidak betah berada di rumah dan lagi alasannya karena orang tua. Banyak anak yang mengatakan bahwa orang tuanya tidak tau menahu dan mengabaikan bagaimana parenting yang baik. Sehingga banyak anak yang dibesarkan dengan pola asuh yang kurang tepat.

Jadi disini kami akan mengurai beberapa tips parenting yang menurut penulis tepat agar kelak anak merasa nyaman berada dirumah.

Apa itu Parenting?

Parenting merupakan pekerjaan dan keterampilan orang tua dalam mengasuh anak. Berikut ini pengertiannya menurut para ahli:

  1. Jerome Kagam (1997)

Ia mendefinisikan bahwa Parenting merupakan sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar mampu bertanggung jawab dan memberikan konstribusi sebagai anggota masyarakat.

  1. Hetherington dan Whiting (1999)

Parenting menurut Heterington dan Whiting adalah proses interaksi total antara orang tua dengan anak, seperti pemeliharaan, pemberian makan, membersihkan, melindungi dan proses sosialisasi anak dengan lingkungan sekitar.

  1. Gunarsa (2002)

Pengasuh orang tua merupakan pola interaksi antara anak dengan orang tua yang meliputi bukan hanya pemenuhan kebutuhan fisik (makan, minum, pakaian, dan lain sebagainya) dan kebutuhan psikologis (afeksi atau perasaan) tetap juga norma-norma yang berlaku di masyarakat agar anak dapat hidup selaras dengan lingkungan.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #3 - Panti Asuhan #6 - Yatim Dhuafa #20 - Motivasi #25 - Asrama Yatim

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp