Ayat Alquran Dan Hadits Yang Menjelaskan Tentang Zakat Fitrah Secara Khusus

Ayat Alquran Dan Hadits Yang Menjelaskan Tentang Zakat Fitrah Secara Khusus


Penulis: Public Relation PYI
23 Jan 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
23 Jan 2023
170 kali dilihat

Bagikan:

Perlu diketahui bahwa, tidak semua apa yang disyariatkan Allah Swt termaktub di Al-Qur'an secara sharih (jelas). Terkadang masih harus dicari penjelasannya melalui hadits hadits Nabi Saw. Kadang pula, kewajiban syariah. Seperti Dalil mengenai Zakat Fitrah yang ditunaikan di bulan Ramadhan.

Allah Swt pesankan melalui lisan utusan-Nya, Muhammad Sau Itulah sebabnya, ada ulama yang menyatakan bahwa al-Quran lebih membutuhkan hadits, dari pada sebaliknya. Dan sesuai dengan salah satu fungsinya, hadits menjelaskan apa-apa yang kurang Jelas dari Al-Qur'an.

Menurut Ikrimah, hanya ada satu ayat yang berkaitan dengan zakat fitrah, yakni Qs, 87:14-15:

قَدْ اَفْلَحَ مَنْ تَزَكّٰىۙ ١٤ وَذَكَرَ اسْمَ رَبِّهٖ فَصَلّٰىۗ ١٥

  1. Sungguh, beruntung orang yang menyucikan diri (dari kekafiran)
  2. dan mengingat nama Tuhannya, lalu dia salat.

Membayar Fidiyah

Selain itu tidak ada yang secara jelas dan tegas menyatakan kewajiban tersebut. Tetapi, melalui lisan "kekasihNya" Muhammad Saw, ia bersabda:

"Mewajibkan zakat fitrah, satu sha' kurma atau gandum atas budak, orang merdeka, laki-laki, perempuan, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin, dan memerintahkan untuk membayarnya sebelum mereka keluar untuk menunaikan shalat id" (Muttafaq 'alaih).

Dilain riwayat, juga dijelaskan secara tegas bahwa :

"Rasulullah Saw telah mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari segala perkataan yang keji dan buruk yang mereka lakukan selama mereka menunaikan ibadah puasa dan untuk menjadi makanan bagi orang yang miskin" (HR. Abu Daud dan ibnu Majah).

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #7 - Dalil #9 - Zakat #42 - Ramadhanberbagikebahagiaan #46 - Zakatfitrah #68 - Ramadhan

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp