Bacaan Niat Puasa Sunnah Muharram Tasu'a dan Asyura

Bacaan Niat Puasa Sunnah Muharram Tasu'a dan Asyura


Penulis: Public Relation PYI
12 Jul 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
12 Jul 2024
85 kali dilihat

Bagikan:

Puasa Tasu’a dan Asyura, yang dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharram, memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa pada kedua hari ini. Berikut adalah bacaan niat puasa Tasu’a dan Asyura lengkap dengan tulisan Arab dan artinya.

  • Niat Puasa Tasu’a (9 Muharram)

Puasa Tasu’a adalah puasa sunnah yang dilakukan pada tanggal 9 Muharram. Dalam hadis riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Jika aku masih hidup sampai tahun depan, aku akan berpuasa pada hari kesembilan (Muharram)." Berikut adalah bacaan niat puasa Tasu’a:

Simak di bawah ini niat puasanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnatit Tasû'â lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Tasu'a esok hari karena Allah SWT.

  • Niat Puasa Asyura (10 Muharram)

Selain puasa Tasua, ada satu lagi puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan di bulan Muharram, yakni puasa Asyura.

Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram dan memiliki keutamaan yang sangat besar. Rasulullah SAW bersabda, "Puasa pada hari Asyura, aku berharap kepada Allah dapat menghapuskan dosa-dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim). Berikut adalah bacaan niat puasa Asyura:

Bagi umat muslim yang ingin melaksanakan puasa ini, berikut niat puasanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَاشُورَاءَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma Âsyûrâ-a Sunnatan lilâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunnah Asyura karena Allah Ta’ala."

BACA JUGA:

4 Keutamaan Puasa di Bulan Muharram

  • Keutamaan Puasa Tasu’a dan Asyura

Puasa Tasu’a dan Asyura memiliki banyak keutamaan. Salah satu yang paling utama adalah pengampunan dosa selama setahun yang lalu. Hal ini menjadikan puasa pada kedua hari tersebut sebagai momentum yang sangat baik untuk introspeksi dan memperbaiki diri.

Dengan niat yang ikhlas dan usaha yang sungguh-sungguh, kita berharap agar Allah SWT menerima amal ibadah kita dan memberikan pahala yang berlipat ganda. Selain berpuasa, bulan Muharram juga merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak amal kebaikan lainnya seperti bersedekah, berdzikir, dan membaca Al-Quran.

Mari kita manfaatkan keutamaan bulan Muharram dengan sebaik-baiknya. Tingkatkan ibadah kita, khususnya dengan berpuasa di hari Tasu’a dan Asyura. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan keberkahan dalam setiap langkah kita.

Untuk menambah keberkahan, Anda juga dapat berpartisipasi dalam program qurban atau amal lainnya melalui Laznas PYI Yatim dan Zakat. PYI siap menyalurkan amanah Anda dengan profesional dan sesuai syariat.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #20 - Motivasi #74 - ZakatAkhirTahun #140 - TahunBaruIslam #141 - Muharram

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp