Bantuan untuk Anak Yatim Apa yang Paling Mereka Butuhkan?

Bantuan untuk Anak Yatim Apa yang Paling Mereka Butuhkan?


Penulis: Public Relation PYI
06 Aug 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
06 Aug 2024
66 kali dilihat

Bagikan:

Ada berbagai jenis santunan yang bisa diberikan kepada sesama, termasuk anak yatim piatu. Bantuan untuk anak yatim ada bermacam-macam jenisnya. Jika Anda punya uang, Anda bisa bersedekah dengan uang.

Namun, jika Anda tidak punya uang lebih, Anda bisa memberinya sesuatu yang lain. Bersedekah dianjurkan dalam Islam dan Allah SWT selalu memberikan pahala dan penghidupan. Hal ini  dijelaskan dalam al-Qur'an surat al-Baqarah ayat 270-271.

Jenis Sumbangan untuk Anak Yatim

Sedekah diibaratkan tangan kanan memberi dan tangan kiri tidak mengetahui. Berikut macam-macam sedekah yang dapat diberikan kepada anak yatim.

1. Sembako dan Makanan

Sembako merupakan donasi pertama yang bisa Anda sumbangkan saat mengunjungi panti asuhan. Semua manusia memerlukan pangan sebagai sumber energi dan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

Tak heran jika sekarang makin banyak yang ke panti asuhan membawa makanan dan sembako, tetapi donasi semacam ini tidak terlalu rumit. Makanan ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak panti asuhan, dan anda juga bisa memilih makanan pokok jika tidak mempunyai uang.

2. Perlengkapan Sekolah

Perlengkapan sekolah yang akan disumbangkan antara lain tas, buku catatan, tempat pensil, alat tulis, buku seni, perlengkapan seni, dan lain-lain. Tinggal di panti asuhan tidak serta merta berarti anak yatim piatu tidak bersekolah.

3. Kebutuhan Mencuci dan Mandi

Sumbangan jenis  ini juga bisa menjadi salah satu sumbangan  yang dapat diberikan kepada panti asuhan. Anak yang tinggal di panti biasanya  diajarkan sejak dini untuk hidup mandiri.

Sedekah jumat Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan, Panen Keberkahan Ramadhan

BACA JUGA:

Mengupas Hak Anak Yatim: Apa yang Harus Anda Ketahui?

Anak-anak yatim piatu belajar mencuci pakaian sendiri dan mandi sendiri. Anak-anak sangat butuh perlengkapan mandi karena belum terbiasa dilayani oleh orang lain seperti anak pada umumnya. Sehingga peralatan kebersihan selalu dibutuhkan.

4. Perlengkapan Untuk Ibadah

Pemberian perlengkapan ibadah dengan cara ini tetap memberikan pahala kepada pemberinya. Selain itu, jika Anda menggunakan alat sholat Anda untuk sholat terus menerus, Anda akan terus menerima pahala dari Allah SWT.

5. Beasiswa Pendidikan

Tentu saja banyak sekali skema beasiswa pendidikan dan informasi mengenainya tersebar luas. Bisa juga dengan cara lain, misalnya dengan menyumbangkan dana wakaf untuk membangun atau mengembangkan sekolah maupun pesantren Al-Ihsan Boarding Scholl Cimencrang, Bandung.

Santunan ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak yatim piatu untuk melanjutkan pendidikannya. Bersedekah membawa ke surga dari Allah SWT. Bagi siapa saja yang ingin mengirim bantuan untuk anak yatim bisa disalurkan melalui Laznas Panti Yatim Indonesia (PYI Yatim dan Zakat).

 

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #38 - anakyatim #110 - MenyantuniAnakYatim #117 - PYI #182 - PantiYatim

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp