Dahsyatnya Sedekah di Bulan Muharram

Dahsyatnya Sedekah di Bulan Muharram


Penulis: Public Relation PYI
18 Jul 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
18 Jul 2024
56 kali dilihat

Bagikan:

Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat istimewa dalam kalender Islam. Bulan ini disebut sebagai salah satu dari empat bulan haram (suci) dalam Islam, yang di dalamnya terdapat banyak keutamaan dan pahala besar bagi umat Muslim yang melakukan amal kebaikan, termasuk sedekah. Sedekah di bulan Muharram memiliki keutamaan khusus karena bulan ini adalah awal tahun Hijriyah yang penuh dengan keberkahan.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: "Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya dirimu dalam (bulan yang empat) itu…” (QS. At-Taubah: 36).

Hadits Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan tentang keutamaan bulan Muharram: "Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram. Dan salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam.” (HR. Muslim).

Sedekah jumat Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan, Panen Keberkahan Ramadhan

Lantas bagaimana dengan pahala sedekah di bulan Muharram? Adakah keistimewaan tersendiri?

Pahala Sedekah di Bulan Muharram

Sedekah di bulan Muharram memiliki berbagai keutamaan yang besar:

1.Sedekah dapat menggugurkan dosa-dosa

Rasulullah SAW bersabda: "Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi).

2. Dapat mendatangkan keberkahan dan membuka pintu rezeki

Allah SWT berfirman: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah: 261).

3. Memperoleh naungan di hari kiamat

Rasulullah SAW bersabda: "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." (HR. Ahmad).

Dalam bulan Muharram, beramal baik seperti bersedekah menjadi sangat dianjurkan karena nilai pahala yang dilipatgandakan. Melalui sedekah, umat Muslim tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan, tetapi juga mendekatkan diri kepada Allah SWT, membersihkan harta, dan menambah keberkahan hidup.

Dengan memahami keutamaan sedekah di bulan Muharram, mari kita tingkatkan amal kebajikan kita di bulan Muharram ini dengan bersedekah dan menyantuni anak yatim melalui Laznas PYI Yatim dan Zakat.

Sedekah jumat Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan, Panen Keberkahan Ramadhan

Dengan bersedekah, kita tidak hanya membantu meringankan beban mereka yang membutuhkan, tetapi juga menambah pahala kita di sisi Allah SWT. Semoga dengan sedekah yang kita berikan, kita mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT. Aamiin.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #79 - Sedekah #142 - SedekahOnline #156 - SedekahSubuh #161 - KenclengSedekah #162 - KeluargaSedekah SedekahMuharram

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp