Doa Malaikat Bagi Yang Rajin Sedekah

Doa Malaikat Bagi Yang Rajin Sedekah


Penulis: Public Relation PYI
19 Jan 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
19 Jan 2023
115 kali dilihat

Bagikan:

Sedekah merupakan salah satu cara untuk menghindari kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan diri sendiri serta orang lain. Dalam agama Islam, sedekah dianggap sebagai bentuk ibadah yang dapat menghapus dosa dan mendatangkan pahala.

Dalam Al-Qur'an dikatakan bahwa orang yang rajin bersedekah akan ditemani oleh malaikat-malaikat yang akan memberikan doa-doa untuknya. Berikut ini adalah beberapa doa yang dibaca oleh malaikat bagi orang yang rajin bersedekah:

  • Dari Abu Hurairah RA, berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa. “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga)”. Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)”. (HR Bukhari dan Muslim).

Sedekah Menyantuni anak Yatim, Menghindari Kemiskinan

  • Para Imam, yaitu Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Hakim meriwayatkan dari Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, ia berkata:

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَلاَ آبَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَأَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.……

Dan tidaklah matahari terbenam melainkan diutus di antara dua sisinya dua Malaikat yang berseru. Semua penduduk bumi mendengarnya kecuali jin dan manusia. Mereka berdua berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak, dan hancurkanlah (harta) orang yang kikir’”.

  • Dua Imam, yaitu Ahmad dan Ibnu Hibban meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu

Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

إِنَّ مَلَكًا بِبَابٍ مِنْ أَبْوَابِ السَّمَاءِ يَقُوْلُ: مَنْ يُقْرِضِ الْيَوْمَ يُجْزَى غَدًا وَمَلَكًا بِبَابٍ آخَرَ يَقُوْلُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ لِمُنْفِقٍ خَلَفًا وَعَجِّلْ لِمُمْسِكٍ تَلَفًا.

“Sesungguhnya satu Malaikat yang ada di sebuah pintu dari pintu-pintu langit berkata: ‘Barangsiapa meminjamkan pada satu hari ini, maka akan dibalas pada esok hari. Dan satu Malaikat lainnya yang ada di pintu lain berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak dan segera hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’

Selain itu, dalam hadits dikatakan bahwa orang yang memberikan sedekah tanpa menyembunyikan-nya, tanpa mengharap pujian atau balasan. Maka ia akan ditemani oleh malaikat dari sisi kanan dan kiri sampai masuk ke dalam surga.

Secara umum, sedekah tidak hanya membantu orang yang menerima, tetapi juga dapat membantu orang yang memberikan sedekah. Karena itu, rajin bersedekah sangat dianjurkan dalam agama Islam. Dengan rajin bersedekah, seseorang dapat mendapatkan pahala dan keberkahan dari Allah serta ditemani oleh malaikat yang akan memberikan doa-doa untuknya.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #20 - Motivasi #79 - Sedekah #91 - ResesiEkonomi #94 - #EkonomiProduktif

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp