Inilah, Pengertian Infaq dan Shadaqah

Inilah, Pengertian Infaq dan Shadaqah


Penulis: Public Relation PYI
23 Nov 2020
Bagikan:
By: Public Relation PYI
23 Nov 2020
47 kali dilihat

Bagikan:

Pengertian Shadaqah

Shadaqah berasal dari kata ash-shidqu, yang berarti orang yang banyak benarnya dalam perkataan, bahkan diungkapkan bagi orang yang sama sekali tidak pernah berdusta.

وَٱلسَّمَآءِ وَمَا بَنَىٰهَا  ٥ وَٱلۡأَرۡضِ وَمَا طَحَىٰهَا  ٦ وَنَفۡسٖ وَمَا سَوَّىٰهَا  ٧

“Barangsiapa yang memberi dan bertaqwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik, maka akan kami mudahkan baginya jalan kemudahan”. (Q.S. Asy-Syams : 5-7)

Shadaqah adalah bukti bahwa seseorang memiliki kebenaran iman dan membenarkan adanya hari kiamat. Oleh karena itu, Rasulullah saw. bersabda:

“Shodaqoh itu adalah bukti”. (H.R. Muslim)

Sedangkan menurut syara’: Melakukan suatu kebajikan sesuai dengan ajaran Alquran dan Assunnah baik yang bersifat materil maupun non-materil.

Secara umum, kebaikan sesorang dalam bentuk memberikan sebagian harta   yang dimilikinya kepada orang/pihak lain disebut shadaqah. Shadaqah yang wajib disebut zakat sudah ditentukan kadar (prosentase zakat), nishab (batas minimal harta yang dizakati), dan haul (ukuran waktu satu tahun) –nya, dan infaq (berlaku untuk jenis harta baru yang tidak terdapat pada zaman Nabi saw, sehingga tidak ditentukan kadar, nishab, dan haulnya). Sedangkan shadaqah yang sunnat disebut shadaqah tathowwu’ (“sedekah” dalam bahasa Indonesia).

Pengertian Infaq

Infaq berasal dari kata Nafaqa , yang berarti telah lewat, berlalu, atau habis.

قُل لَّوۡ أَنتُمۡ تَمۡلِكُونَ خَزَآئِنَ رَحۡمَةِ رَبِّيٓ إِذٗا لَّأَمۡسَكۡتُمۡ خَشۡيَةَ ٱلۡإِنفَاقِۚ وَكَانَ ٱلۡإِنسَٰنُ قَتُورٗا  ١٠٠

“Katakanlah olehmu (Muhammad) :Kalaulah kamu menguasai perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya kamu menahannya, karena takut membelanjakannya, dan keadaan manusia itu sangat kikir” (Q.S.Al-Isra, 17: 100).

Infaq adalah mengeluarkan harta tertentu untuk dipergunakan bagi suatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah swt. di luar zakat.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #7 - Dalil

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp