Keistimewaan Lebah dalam Alquran: Pesan Alam yang Mendalam

Keistimewaan Lebah dalam Alquran: Pesan Alam yang Mendalam


Penulis: Public Relation PYI
30 Sep 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
30 Sep 2023
402 kali dilihat

Bagikan:

Lebah, makhluk kecil yang rajin berkeliaran dan mengumpulkan nektar untuk menghasilkan madu, adalah salah satu contoh keajaiban ciptaan Allah yang diabadikan dalam Alquran namun juga menjadi nama surah, tepatnya di surah An Nahl.

وَاَوْحٰى رَبُّكَ اِلَى النَّحْلِ اَنِ اتَّخِذِيْ مِنَ الْجِبَالِ بُيُوْتًا وَّمِنَ الشَّجَرِ وَمِمَّا يَعْرِشُوْنَۙ ٦٨ ثُمَّ كُلِيْ مِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ فَاسْلُكِيْ سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًاۗ يَخْرُجُ مِنْۢ بُطُوْنِهَا شَرَابٌ مُّخْتَلِفٌ اَلْوَانُهٗ ۖفِيْهِ شِفَاۤءٌ لِّلنَّاسِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ ٦٩

Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang-sarang di pegunungan, pepohonan, dan bangunan yang dibuat oleh manusia (68).

Kemudian, makanlah (wahai lebah) dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan-jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perutnya itu keluar minuman (madu) yang beraneka warnanya. Di dalamnya terdapat obat bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir (69).

Dalam tulisan ini, kita akan menjelajahi keistimewaan lebah yang disebutkan dalam Alquran beserta dalil Al-Qur'an dan hadits yang relevan.

Lalu apa keistimewaan lebah?

Lebah menghasilkan madu beraneka yang kaya akan khasiat, rasa dan warna. Juga memproduksi senyawa propolis yang berasal dari getah tumbuhan, yang bernilai ekonomis tinggi. Sarangnya yang berbentuk segi enam hexagonal mampu mempercepat penyembuhan luka dan juga sebagai bahan kosmetik kecantikan.

BACA JUGA:

7 Manfaat Lebah Trigona bagi Kesehatan dan Lingkungan

Ada juga beepollen, yaitu serbuk sari tumbuhan yang disimpan di kantung kaki lebah mengandung anti oksidan tinggi. Pun royal jelly yang dibuat oleh lebah pekerja untuk makanan sang ratu juga memiliki khasiat menambah stamina dan daya tahan tubuh. Semua itu sangat besar manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Dan tak hanya menghasilkan makanan yang bernutrisi serta obat untuk berbagai macam penyakit, kehidupan lebah juga begitu istimewa, bahkan mengandung ibrah yang luar biasa, hingga Rasulullah menganjurkan seorang mukmin hendaklah hidup seperti lebah,

“Dari Abdullah bin Amru bin Ash bahwa ia mendengar Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperti lebah. Dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak.’” (H.R Ahmad).

Keistimewaan lebah dalam Islam mengajarkan kita untuk menghargai ciptaan Allah, merenungkan tanda-tanda-Nya dalam alam, dan menjalani kehidupan dengan ketekunan, kejujuran, dan perhatian terhadap kesehatan. Lebah adalah salah satu contoh keajaiban alam yang mengajarkan banyak pelajaran berharga dalam Islam.

Untuk itu, Laznas PYI Yatim dan Zakat mengajak Anda untuk menjadi bagian dari upaya pelestarian lebah dengan mendukung budidaya lebah melalui donasi terbaik Anda.

Mari kita bersama-sama menjaga keberlanjutan lingkungan dan meneruskan pesan kebaikan yang diinspirasi oleh keistimewaan lebah dalam Islam.

Donasi Anda akan menjadi investasi dalam masa depan yang lebih baik, bukan hanya bagi lebah, tetapi juga bagi ekosistem kita.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #5 - Sosial #19 - wakaf #94 - #EkonomiProduktif #117 - PYI #151 - WakafBudidayaLebahTrigona

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp