Orang Miskin yang Masuk Kategori Layak Mendapat Sedekah di Tahun Baru

Orang Miskin yang Masuk Kategori Layak Mendapat Sedekah di Tahun Baru


Penulis: Public Relation PYI
17 Oct 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
17 Oct 2024
19 kali dilihat

Bagikan:

Sedekah di tahun baru adalah awal terbaik yang kerap dijadikan oleh seseorang untuk memulai hidup yang lebih baik. Jangan lupa, salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan pada tahun baru adalah mengeluarkan sedekah.

Coba ingat kembali sedekah di tahun baru sebelumnya apakah Anda sudah mengeluarkan zakat mal?. Jika Anda masuk kategori wajib zakat dan belum mengeluarkannya, sebaiknya segera keluarkan. Mengenai siapa saja orang miskin yang masuk kategori layak mendapat sedekah akan dijelaskan disini?

1. Yatim dan Belum Baligh

Ketika ada anak yatim dan dia tidak memiliki warisan untuk dijadikan pemasukan, bisa jadi ia juga tergolong kategori miskin. Anak yatim yang diutamakan mendapat sedekat adalah mereka yang belum baligh.

Wajar jika di Indonesia ada banyak panti asuhan yang berisikan anak-anak yatim. Mereka lebih memilih masuk panti agar kebutuhannya terpenuhi termasuk pendidikan mereka. Jika mereka sudah baligh dan mampu bekerja, maka sudah tidak masuk kategori miskin.

2. Penghasilan Tidak Mencukupi/Miskin

Kedua adalah orang yang sudah bekerja namun pekerjaannya tidak bisa dipakai untuk mencukupi kebutuhan. Orang miskin yang sudah memiliki pekerjaan sekarang cukup banyak apalagi untuk orang yang statusnya kepala keluarga.

Terdapat penghasilan minimum di tiap daerah yang dijadikan sebagai patokan mampu atau tidaknya seseorang. Hanya saja penghasilan tersebut sejatinya adalah penghasilan untuk satu orang bukan mencukup satu keluarga.

3. Orang yang Sudah Tua/Lansia Dhuafa

Orang yang sudah tua dan tidak mampu bekerja namun masih punya kebutuhan juga masuk kategori layak mendapat sedekah. Di sekitar rumah Anda pasti ada orang tua yang hidup penuh keterbatasan, maka bisa dijadikan tempat menyalurkan sedekah.

Alangkah lebih baik jika sedekah awal tahun diberikan kepada orang-orang sekitar kita. Dengan begitu silaturahmi akan terjalin dan harta yang Anda miliki juga suci. Selalu ingat bahwa di setiap harta kita selalu ada hak orang lain yang harus dipenuhi.

Jadi itu dia kategori orang miskin yang layak mendapatkan sedekah pada tahun baru ini. Jika bingung menyalurkan sedekah kemana agar tersalurkan dengan baik, silahkan melalui Laznas PYI.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #79 - Sedekah #142 - SedekahOnline #156 - SedekahSubuh #164 - SedekahJumat #188 - Ilovezakat.id SedekahMuharram

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp