PYI Salurkan Zakat Fitrah Untuk 1,500 lebih Penerima Manfaat Zakat Fitrah 1443H

PYI Salurkan Zakat Fitrah Untuk 1,500 lebih Penerima Manfaat Zakat Fitrah 1443H


Penulis: Public Relation PYI
12 May 2022
Bagikan:
By: Public Relation PYI
12 May 2022
83 kali dilihat

Bagikan:

ILOVEZAKAT.ID, BANDUNG-- Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan hingga menjelang salat Idul Fitri. Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) PYI menyalurkan zakat fitrah 1443H yang diamanahkan para muzakki kepada 1.539 penerima manfaat. Tersebar di 5 provinsi yaitu Papua, DKI Jakarta, Ja-bar, Ja-tim, dan Banten, terdiri dari 48 desa dan kelurahan, Minggu (1/5).

Seperti yang disampaikan Tedi selaku SPV Pemberdayaan PYI, bahwa Para penerima zakat fitrah  tersebut sesuai yang dijelaskan dalam QS AtTaubah:60. Allah memberikan ketentuan ada delapan golongan orang yang bisa menerima zakat Fitrah yaitu Fakir, miskin, Amil, Mualaf, riqab, dan lainnya. Ia juga menjelaskan bahwa penyalurannya dalam bentuk beras dengan keseluruhan 2.700 Kg beras dan untuk yang diluar pulau berupa uang.

Zakat Fitrah untuk Yatim Prasejahtera

“Para penerima manfaat tersebut berasal dari berbagai kondisi ekonomi, maupun sosial sesuai firman Allah dalam QS At Taubah  ayat 60. Seperti guru ngaji, dai, lansia dhuafa, pekerja informal, masyarakat dan anak yatim prasejahtera. Adapun penyalurannya berupa beras 5 kg masing-masingnya dan ada juga berbentuk nominal uang” Jelasnya.

Lanjut Tedi menjelaskan“Pada setiap kami menyalurkan zakat fitrah itu mereka terlihat sangat senang dan bahagia dari wajah mereka. Bahkan salah satu penerima manfaat yang kami datangi terus menerus mendoakan dan berharap bertemu kembali”.

Perlu diketahui, penyaluran tersebut dilakukan pada tanggal 1 Mei 2022 atau H-1 menjelang Hari Raya Idul fitri. Dengan bantuan berbagai pihak, pendistribusian zakat fitrah tersebut berjala dengan lancar, meskipun ada sedikit kendala dalam prosesnya.

BACA JUGA: PYI Salurkan Zakat Fitrah Hingga Pelosok Papua

Disisi lain Irawan selaku Direktur Laznas PYI Yatim dan Zakat menyampaikan, Zakat fitrah tahun ini sangat banyak sekali yang menunaikan melalui lembaga amil yang terpercaya. Hal ini menunjukan bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya menyalurkan zakat melalui Lembaga Amil Zakat juga mulai meningkat signifikan.

“Alhamdulillah, masyarakat sudah mulai memiliki kesadaran untuk menunaikan zakat melalui Lembaga Zakat terpercaya di Indonesia. untuk itu kami ucapkan terima kasih bayak untuk para muzaki yang mempercayakan zakatnya kepada PYI. Dengan zakat yang ditunaikan anda, Begitu banyak para penerima manfaat yang bahagia karena hal itu. Mudah-mudahan puasa dan amalan selama bulan Ramadhan ini diterima Allah SWT dan menjadi insan yang menang serta kembali suci” ujar Irawan

Rasa syukur dan terima kasih juga disampaikan Jiih salah satu lansia dhuafa penerima zakat fitrah di Jawa Barat. "Saya bersyukur dan berterima kasih kepada donatur dan PYI atas perhatianya kepada kami sehingga melalui zakat fitrah yang disalurkan kami mendapatkan manfaatnya. Kami doakan semoga amalan Bapak Ibu donatur diterima oleh Allah SWT dan diberikan keberkahan rejeki, dan kesehatan”.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #4 - Program #5 - Sosial #30 - Laporan #46 - Zakatfitrah

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp