PYI Sukseskan Panen Bawang Perdana Di Kampung Gorowek, Kabupaten Bandung

PYI Sukseskan Panen Bawang Perdana Di Kampung Gorowek, Kabupaten Bandung


Penulis: Public Relation PYI
10 Jun 2023
Bagikan:
By: Public Relation PYI
10 Jun 2023
100 kali dilihat

Bagikan:

ILOVEZAKAT.ID, BANDUNG-- Kelompok tani Ar-Rahman di Kampung Gorowek, Desa Mekarlaksana, Kecamatan Cikancung baru-baru ini meraih keberhasilan besar dalam panen bawang perdana mereka, Kamis (8/6). Ini berkat program ekonomi produktif yang diberikan oleh Laznas PYI, yang memberikan modal kepada 5 petani di wilayah tersebut.

Lahan seluas 3.437 m2 ditanami bawang dengan masing-masing petani mengelola sekitar 687 m2. Budiyono, Manajar Pemberdayaan PYI, menjelaskan hal ini dalam wawancaranya.

Dalam penjelasannya, Budiyono juga memaparkan alasan di balik pemilihan bawang sebagai tanaman utama di wilayah ini. "Bawang memiliki nilai ekonomis yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman lain seperti jagung dan terong yang sebelumnya telah ditanam di sini oleh warga," ungkapnya. Tidak hanya itu, sebelum memutuskan menanam bawang, para petani juga melakukan studi banding di Cimenyan, sebuah lokasi yang telah sukses dalam bertani bawang.

Proses Panen Bawang Oleh Petani

Budiyono menjelaskan, "Selain nilai ekonomis yang tinggi, bawang juga memberikan keuntungan yang luar biasa. Sebagai contoh, dengan memberikan modal 1 kintal, kami dapat menghasilkan 3 sampai 4 kintal setiap panennya"

Saat panen tiba, Irawan, Direktur Laz PYI Yatim dan Zakat, mengungkapkan harapannya. "Kami berharap panen perdana ini, yang berlangsung pada tanggal 8 Juni, berjalan lancar dan menghasilkan hasil yang diharapkan."

Karena ini merupakan panen perdana, setiap petani akan dinilai, dan hasil terbaik akan dipilih. Metode yang akan diterapkan kedepannya akan mengikuti hasil terbaik tersebut," lanjutnya. Irawan juga menyampaikan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada PYI. Dukungan tersebut memungkinkan program ini berjalan hingga saat ini.

BANCA JUGA:

PYI Resmikan Asrama Yatim dan Pemberdayaan Zakat Kedua Kalinya di D.I Yogyakarta

Di sisi lain, Didin, salah satu petani bawang, mengucapkan terima kasih kepada PYI yang telah memberikan bantuan modal bawang. "Kami mengucapkan terima kasih kepada PYI yang memberikan modal ini, sehingga kami dapat melakukan penanaman hingga panen. Dengan lahan 50 Tumbak atau 687 m2 ini, saya berhasil menghasilkan 300 Kg Bawang, melebihi target saya sebagai petani. Saya berharap bahwa apa yang kami terima ini mendatangkan berkah dan balasan yang baik dari Allah SWT," ujarnya dengan penuh rasa syukur.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #1 - Kegiatan #4 - Program #50 - Qurban #79 - Sedekah #92 - PeranZakat #94 - #EkonomiProduktif

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp