Sedekah Dapat Berupa Apa Saja, Ini Dalilnya!

Sedekah Dapat Berupa Apa Saja, Ini Dalilnya!


Penulis: Public Relation PYI
19 Sep 2022
Bagikan:
By: Public Relation PYI
19 Sep 2022
89 kali dilihat

Bagikan:

PERBUATAN BAIK-- Pengertian sedekah itu tidak hanya berarti mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki saja, tetapi yang lebih luas lagi adalah setiap perbuatan baik yang kita berikan kepada manusia. perbuatan baik ini sifatnya umum seperti segala aktifitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari apapun bentuknya selama itu tidak melanggar syariat Allah swt.

Dari Abu Musa Al-Asy’ari ia mengatakan bahwa Nabi Saw bersabda :

“setiap muslim harus bersedekah.” Mereka bertanya :”kalau ia tidak punya?’ Beliau bersabda : “ hendaklah ia bekerja dengan kedua tangannya, lalu ia biayai dirinya dan bersedekah .” mereka bertanya : kalau ia tidak sanggup, atau tidak dilakukannya?’ Rasulullah menjawab : “Hendaklah ia menolong orang yang sangat memerlukan bantuan.” Mereka bertanya lagi : Kalau Ia tidak melakukan ?’ Beliau menjawab: “Hendaklah ia menyuruh berbuat baik, atau berkata dengan pantas.” Seseorang bertanya : kalau ia tidak melakukannya?’ (terakhir) Nabi saw menjawab : hendaklah ia menahan diri dari kejahatan, sesungguhnya hal  itu sedekah”.

Beberapa sabda Rasulullah Saw. Mengenai sedekah :

“Setiap yang baik adalah shodaqoh. Apa yang diberikan seseorang untuk keluarganya, dituliskan untuknya sebagai shodaqoh. Menjumpai seseorang dengan wajah berseri adalah shodaqoh. Berbuat adil antara dua orang adalah shodaqoh. Menolong seseorang menaikan barang ke atas kendaraan adalah shodaqoh. Ucapan yang baik adalah shodaqoh. Setiap langkah yang dilangkahkan untuk pergi shalat adalah shodaqoh. Menyingkirkan duri dijalan adalah shodaqoh.”

Untuk jaman sekarang shodaqoh bisa dilakukan secara online atau yang dikenal dengan aktivitas sedekah online. Kamu bisa melakukan Shodaqoh online langsung dengan Panti Yatim Indonesia. klik DISINI untuk lanjutkan kebaikan anda.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #6 - Yatim Dhuafa #7 - Dalil #9 - Zakat #79 - Sedekah

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp