Kapan Sebaiknya Zakat Fitrah Ditunaikan?

Kapan Sebaiknya Zakat Fitrah Ditunaikan?


Penulis: Public Relation PYI
13 Mar 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
13 Mar 2024
58 kali dilihat

Bagikan:

Zakat fitrah atau zakat al-fitr merupakan salah satu jenis zakat yang diwajibkan kepada setiap manusia, baik lelaki dan juga perempuan muslim. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, pembayaran zakat fitrah ini dilakukan pada bulan Ramadhan dalam menyambut Idul Fitri.

Lantas Kapan waktu terbaik menunaikannya dan bagaimana hukum menunaikannya di awal Ramadhan?

Berkenaan dengan pertanyaan di atas, Rasulullah Saw bersabda:

"Barang siapa mengeluarkan zakat fitrah sebelum Shalat hari raya, maka itulah zakat yang diterima, dan barang siapa yang mengeluarkannya setelah shalat 'id, maka pengeluarannya itu dipandang satu sedekah saja" (HR. Abu Daud dan Ibn Majah).

Riwayat di atas cukup tegas dan jelas, bahwa zakat Al-fitri ditunaikan sebelum shalat hari raya 'idil fitri. Akan tetapi, kata "sebelum" mengandung makna yang cukup panjang.

Penggalangan Zakat Fitrah PYI

Artinya, bisa sebelum shalat 'id dilaksanakan, bisa 1 hari sebelumnya, bisa 2 hari sebelumnya, bisa 3, 4, 5 hari sebelumnya dan bahkan bisa 10 hari sebelumnya. Hal ini dimaksudkan, selain untuk mengingatkan kepada kaum muslimin akan kewajiban zakat fitrahnya, juga agar zakat tersebut dapat dibagikan paling tidak 1 hari sebelum hari H.  Agar dapat dimanfaatkan oleh mereka, guna ikut serta merasakan kegembiraan di hari raya tersebut.

Dan jarang sekali dibayarkan pas pada waktu sebelum shalat 'id di laksanakan, karena amil tidak mungkin lagi akan membagikannya. Dengan demikian, tradisi dan kebiasaan umat Islam dalam menunaikan zakat Al-fitri, tidak menyalahi aturan agama. Bahkan dalam riwayat yang shahih dijelaskan:

Para sahabat nabi mengeluarkan zakat Fitri satu hari atau dua hari sebelum hari raya 'idil Fitri" (HR. Bukhari)

Imam al-Ghazali mengartikan kata 'sebelum pada riwayat di atas, tepat sebelum shalat 'id dilaksanakan. Menurutnya ini lebih disukai, Itulah sebabnya kita dianjurkan menyegerakan shalat 'idil Adha kemudian menyelenggarakan Qurban. Sebaliknya, dianjurkan mengakhirkan shalat idil Fitri untuk menyiapkan urusan membagikan zakat Al-Fitri.

"Dan Ibnu Umar, Rasulullah Saw telah memerintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum orang-orang keluar melaksanakan shalat 'idil fitri" (HR. BukhariMuslim).

Lantas, bagaimana hukum mengeluarkan zakat fitrah di awal Ramadhan?

BACA JUGA:

Hukum Mengeluarkan Zakat Fitrah di Awal Ramadhan

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #9 - Zakat #46 - Zakatfitrah RamadhanPersembahanIstimewa BayarZakat

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp