Manfaat Zakat bagi Mustahik danMuzakki: Perspektif Ekonomi dan Spiritual

Manfaat Zakat bagi Mustahik danMuzakki: Perspektif Ekonomi dan Spiritual


Penulis: Public Relation PYI
30 Aug 2024
Bagikan:
By: Public Relation PYI
30 Aug 2024
22 kali dilihat

Bagikan:

Tentu saja banyak manfaat zakat yang dirasakan penerimanya (mustahik) baik dari segi ekonomi, sosial, dan lainnya. Menurut hukum Islam atau aturan  syariah, sesuai Q.S At-Taubah ayat 60, kelompok penerima zakat ada delapan golongan atau biasa disebut  delapan asnaf yakni fakir, miskin, Amil Zakat, mualaf, Riqab, gharim, Fiisabilillah dan Ibnu Sabil. Manfaatnya bagi penerima zakat dan  masyarakat adalah:

Manfaat Zakat bagi Penerima

Ada beberapa manfaat zakat bagi penerimanya, yaitu:

1. Meringankan Beban Ekonomi

Salah satu manfaatnya bagi penerima Zakat (mustahik) adalah mengurangi beban keuangan. Jika seorang mustahik menerima zakat, maka zakat ini memudahkannya dalam memenuhi kebutuhan finansialnya, seperti makanan dan lain-lain.

2. Membantu Menaikkan derajat Finansial

Manfaat zakat juga membantu dalam meningkatkan perekonomian penerimanya (mustahik). Zakat yang disalurkan  muzakki tidak serta merta berbentuk harta seperti beras, hasil pertanian, atau pertambangan. Menyalurkan zakat dalam bentuk uang akan sangat membantu keuangan para mustahik dan penerimanya.

3. Meningkatkan Rasa Syukur terhadap Allah SWT

Selain mengurangi beban keuangan dan memperbaiki keadaan keuangan penerimanya, manfaat Zakat lain  yang dapat dirasakan penerimanya yaitu meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Seorang Mustahik merasa bahwa Zakat yang diterimanya bagian dari karunia dan rezeki Allah yang diberikan lewat perantara Muzakki dan Amil Zakat.

Bayar ZAKAT Profesi atau PENGHASILAN, Zakat Saham

Manfaat Zakat bagi Muzaki

Hikmah dan manfaat Zakat dirasakan oleh orang yang membayar Zakat (Muzaki). Berikut beberapa hikmah yang bisa diberikan tentang zakat:

1. Menjaga Harta

Keinginan untuk sukses dan memiliki kekayaan yang banyak tentunya menjadi dambaan setiap orang. Tapi bagaimana Anda bisa menjaga aset Anda tetap utuh? Tentu saja melalui perawatan. Bagaimana cara melindungi aset Anda dengan metode Islam? Bisa dengan membayar Zakat. Orang jahil menyebutnya "syal".

Asumsinya, uang syikal tersebut harus digunakan untuk melindungi aset lainnya. Namun, tidak ada "syikal" dalam Islam. Kita tahu bahwa memperkuat harta  dengan cara menghancurkannya, dan hal ini dilakukan dengan zakat.

2. Menyembuhkan penyakit

Sesuai salah satu hadis Nabi, dari hadis tersebut dapat diartikan bahwa Zakat dapat menyembuhkan penyakit orang yang mengeluarkannya.

3. Mensucikan diri dari dosa

Dengan mengeluarkan Zakat, seseorang  terbebas dari dosa. Karena semua harta yang kita miliki sebenarnya adalah hak orang lain yang perlu dibayar kembali. Jika bagian-bagian tersebut tidak dihilangkan maka akan menjadi sumber dosa bagi pemilik properti.

Bantuan yang disalurkan kepada Mustahik akan sangat bermanfaat bagi mereka, yang membayar Zakat juga akan mendapat manfaat. Sahabat bisa merasakan manfaatnya dengan membayar Zakat penghasilan maupun zakat maal melalui LAZNAS PYI Yatim dan Zakat. Anda bisa berdonasi Zakat kapanpun dan dimanapun melalui Platform Ilovezakat.id.

Penulis: Public Relation PYI
Tags: #4 - Program #9 - Zakat #92 - PeranZakat #171 - NiatZakatMal #172 - LaznasPyi BayarZakat

Berita Lainnya

Mitra I Love Zakat
WhatsApp